PENGUATAN LINI LAPANGAN

LINI LAPANGAN  DIMAKNAI BAHWA UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PERAN SERTA MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KEPENDUDUKAN, KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA MERUPAKAN DIMENSI STRATEGIS DALAM MENCAPAI SASARAN NASIONAL PROGRAM KEPENDUDUKAN,KB DAN PEMBANGUNAN KELUARGA.   

PENGUATAN LINI LAPANGAN ATAU MEKANISME OPERASIONAL DIFOKUSKAN PADA UPAYA MEMPERBAIKI KUALITAS DATA DI TINGKAT LAPANGAN BAIK KEPESERTAAN BER-KB, PERSEDIAN ALAT OBAT KONTRASEPSI (ALOKON) MAUPUN KELOMPOK-KELOMPOK LAINNYA. PETUGAS LINI LAPANGAN SEBAGAI TENAGA TERDEPAN DITUNTUT UNTUK LEBIH PROFESIONAL, KARENA MEMILIKI KHARISMA ATAU STATUS, KEDUDUKAN, KEMAMPUAN, DAN KEAHLIAN YANG DIAKUI MASYARAKAT DI LINGKUNGANNYA. SELAIN ITU, MERUPAKAN SOSOK YANG MAMPU MEMOTIVASI DAN MENGGERAKKANMASYARAKAT DAN DAPAT BERPERAN SEBAGAI FASILITATOR, YAITU HARUS DAPAT MENGKOMUNIKASIKAN GAGASAN TENTANG PROGRAM KEPENDUDUKAN, KB DAN PEMBANGUNAN KELUARGA SEKALIGUS DAPAT MENGALIHKAN TUGAS-TUGAS PELAKSANAAN KEPADA MASYARAKAT YANG MERUPAKAN SALAH SATU MITRA KERJA.

KEGIATAN PENGUATAN LINI LAPANGAN DI HADIRI OLEH 110 PESERTA TERDIRI DARI PENYULUH LAPANGAN, BIDAN KOORDINASI DESA, KADER PPKBD/SUB PPKBD SE-KABUPATEN BANGKA TENGAH. SEBAGAI NARASUMBER DARI MATERI PENGUATAN LINI LAPANGAN ADALAH KEPALA DINAS DPPKBPPPA, SEKRETARIS DPPKBPPPA DAN KEPALA BIDANG PENGENDALIAN PENDUDUK, ADVOKASI DAN PENGGERAKAN.

Sumber: 
BIDANG PENGENDALIAN PENDUDUK, ADVOKASI DAN PENGGERAKAN.
Penulis: 
EVI KURNIATI
Fotografer: 
DANIL GOPIKI
Bidang Informasi: 
dppkbpppa