Pemkab Bangka Tengah Terima Penghargaan APE

Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Plt Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Kamis, mengatakan penghargaan tersebut diterima atas komitmen pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan gender dan perlindungan anak
    
"Penghargaan tersebut saya terima langsung dan diserahkan oleh Menteri PPPA Yohana Yambise di Jakarta pada Rabu (21/12) malam," ujarnya.

Ia mengatakan, penghargaan APE tahun ini diberikan kepada 12 kementerian/lembaga, 17 provinsi dan 84 kabupaten/kota dengan berbagai kategori, mulai dari pratama, madya, utama hingga mentor.

"Ini adalah kerja semua pihak atau kerja tim terutama yang sangat diharapkan adalah partisipasi masyarakat guna terwujudnya kesetaraan gender dan terpenuhinya hak anak," ujarnya.

Ia mengatakan, penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat dan tim Pemkab Bangka Tengah atas upaya dan inovasi yang telah dilakukan dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 
    
"Perolehan penghargaan APE  ini dimulai dari deklarasi dan komitmen kuat dalam menjalankan program Kabupaten Layak Anak yang dilaksanakan dalam beberapa tahun ini," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah menyiapkan anggaran pada seluruh organisasi perangkat daerah yang  responsif terhadap gender dan anak serta menyiapkn SDM handal melalui bimbingan teknis.

"Pemerintah daerah juga sudah membentuk forum anak serta forum pencegahan KDRT pada setiap kelurahan dan desa," ujarnya.

Sumber: 
Antara Babel
Penulis: 
Ahmadi